4 Kreasi Rendang Sayuran

Rendang adalah salah satu sajian yang banyak penggemarnya. Kelezatannya bahkan tak hanya diakui oleh masyarakat Indonesia, tapi juga oleh pecinta kuliner dunia. Tak heran kalau rendang termasuk sajian yang cukup sering dihidangkan dalam berbagai kesempatan di Indonesia.

Dengan naiknya harga daging sapi beberapa waktu belakangan ini, menyajikan rendang mungkin jadi agak sedikit menguras dompet. Tapi, resep rendang tak selalu harus menggunakan daging sapi sebagai bahan utama, kok. Ibu bisa mencoba membuat rendang dengan bahan utama sayuran seperti kreasi berikut ini:

 

  1. Daun Singkong

Untuk membuat rendang daun singkong, rebus daun singkong hingga setengah matang. Setelah itu, buat bumbu rendang dari santan kental serta bumbu halus yang terdiri dari cabai merah, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, dan garam. Setelah bumbu siap, masukkan daun singkong ke dalam bumbu, dan masak hingga daun singkong matang dan kuah bumbunya berminyak.

 

  1. Nangka Muda

Nangka muda tak hanya nikmat diolah menjadi sayur lodeh. Masak saja santan beserta bumbu halus dari bawang putih, bawang merah, kunyit yang telah dibakar, jahe, cabai merah, garam, serta gula merah. Setelah itu, masukkan nangka muda ke dalam campuran bumbu, dan masak hingga empuk dan berminyak. Agar sajian semakin lezat, pilih nangka muda yang berkualitas ya, Bu.

 

  1. Jengkol

Bahan makanan ini tak hanya lezat disajikan dengan cara disemur, tapi juga nikmat bila dipadukan dengan bumbu rendang yang gurih. Sebelum dimasak bersama bumbu rendang, rebus jengkol tua selama kurang lebih setengah jam hingga lembut dan getah pahitnya hilang. Setelah itu, masak jengkol bersama bumbu rendang seperti biasa.

 

  1. Jamur

Jamur tiram, jamur kancing, serta jenis jamur lainnya juga bisa diolah menjadi sajian rendang. Caranya, masak santan bersama bumbu halus dari bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, kemiri, dan ketumbar. Tambahkan pula lengkuas, serai, daun kunyit, dan asam kandis pada bumbu tersebut. Setelah itu, masukkan jamur dan masak hingga mengental.

 

Resep rendang dengan bahan sayuran seperti di atas relatif lebih terjangkau dibandingkan rendang daging sapi. Tapi, sajian rendang yang menggunakan bahan-bahan di atas tentu tak kalah lezat. Selamat mencoba!

 

 

 

Sumber: http://www.royco.co.id/Artikel/Detail/1046188/4-kreasi-rendang-sayuran


tabloidnova.com/Sedap/Makanan/Rendang-Daun-Singkong-Kacang-Merah

sajiansedap.com/recipe/detail/8867/rendang-nangka-kacang-merah#.VfvgeHvNopw

lampung.tribunnews.com/2011/11/23/yuk-cobain-rendang-jengkol

sajiansedap.com/recipe/detail/14795/rendang-jamur#.VfvjIXvNopw

 

 

Iklan
Dikirimkan di Info

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s