Memilih dan Menyimpan Daging Giling untuk Tumis Buncis

Ibu mungkin mengira bahwa tidak banyak yang harus diperhatikan saat memilih daging cincang untuk sajian yang Ibu siapkan. Tapi, sebenarnya pemilihan daging cincang yang tepat akan membantu Ibu menyiapkan menu yang lezat. Jadi, apa saja yang perlu jadi perhatian Ibu saat memilih daging cincang?

Langkah yang utama tentu saja memilih daging cincang yang segar. Pilihlah daging cincang yang belum berubah warna menjadi keabu-abuan serta tidak berlendir ataupun beraroma tidak sedap. Penjelasan lebih lanjut mengenai ciri daging cincang yang segar bisa Ibu simak di laman ini. Cara lain yang bisa Ibu lakukan adalah membeli daging yang masih segar dan meminta tukang daging untuk mencincangnya. Dengan cara ini, Ibu bisa yakin bahwa daging cincang yang Ibu beli berasal dari daging segar. Hal lain yang perlu Ibu perhatikan saat memilih daging cincang adalah kandungan lemak dalam daging cincang.

 

Ada beberapa macam daging cincang yang dijual di supermarket, mulai dari daging cincang regular yang memiliki kandungan lemak paling tinggi (sekitar 30%), daging cincang dengan kandungan lemak menengah (sekitar 20%), dan daging cincang dengan kandungan lemak paling sedikit (sekitar 10%). Untuk alasan kesehatan, tentu Ibu ingin memilih daging cincang dengan kandungan lemak paling sedikit. Tapi, lemak dalam daging cincang akan memberikan rasa lezat pada sajian Ibu, lho. Karena itu, sesuaikan kandungan lemak pada daging cincang dengan sajian yang Ibu siapkan.

 

Kalau Ibu membuat sajian seperti bola daging atau burger, Ibu bisa menggunakan daging cincang dengan kandungan lemak menengah. Penggunaan daging cincang dengan lemak rendah pada resep burger atau bola daging akan membuat sajian terasa kering dan kurang lezat. Sedangkan daging cincang premium dengan kandungan lemak rendah lebih cocok digunakan untuk membuat saus daging seperti bolognaise. Daging cincang regular dengan kandungan lemak tinggi pada dasarnya bisa digunakan untuk berbagai sajian. Ibu bisa mengurangi kadar lemaknya dengan cara membuang lemak yang muncul saat daging cincang ditumis.

 

Setelah dibeli, daging cincang sebaiknya segera digunakan. Karena itu, daging cincang yang tidak langsung diolah sebaiknya disimpan di dalam freezer agar kesegarannya terjaga.

Bahan ini bisa Ibu gunakan dalam berbagai resep, baik sebagai bahan pendamping dalam resep sayuran seperti Tumis Buncis Daging Giling, maupun dalam saus daging yang lezat. Agar cita rasa daging cincang semakin lezat, tambahkan saja Royco rasa Sapi selama proses memasak. Daging cincang yang tampak sederhana pun akan tersaji semakin mantap!

 

 

Sumber: http://www.royco.co.id/Artikel/Detail/1116161/memilih-dan-menyimpan-daging-giling-untuk-tumis-buncis


jamieshomecookingskills.com/pdfs/fact-sheets/All%20about%20mince.pdf

beefandlamb.com.au/How_to/Cooking_beef_and_lamb/Mince/How_to_get_the_most_out_of_mince_-_Buying_and_storing_mince

foodauthority.nsw.gov.au/foodsafetyandyou/food-at-home/shopping/mince-meat-colour

 

Iklan
Dikirimkan di Info

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s